Sapi merupakan bagian terpenting dari setiap peternakan sapi perah, dan kesejahteraan mereka sangat penting bagi kami.


Kami tahu ada hubungan erat antara sapi yang dirawat dengan baik dan produksi susu yang baik, itulah sebabnya perawatan hewan adalah sumber kebanggaan bagi setiap peternak..

Kami berkomitmen untuk mengelola hewan secara bertanggung jawab dan terus meningkatkan hasil kesejahteraan hewan dengan mempromosikan pengalaman positif seperti yang dijelaskan oleh model ‘Lima Domain’, serta menghilangkan praktik yang bertentangan dengan prinsip ‘Lima Kebebasan’.

Dalam beberapa tahun terakhir, fokus kesejahteraan hewan secara internasional telah beralih dari sekadar bertujuan untuk mengurangi pengalaman negatif, menjadi mengakui pentingnya meningkatkan pengalaman positif.

Sejalan dengan peralihan fokus ini, Fonterra sekarang merujuk pada model Lima Domain serta prinsip Lima Kebebasan ketika menjelaskan pendekatan kesejahteraan hewan kami.

  • Bebas dari rasa lapar dan haus → Nutrisi
  • Bebas dari rasa tidak nyaman → Lingkungan
  • Bebas dari rasa sakit, luka, dan penyakit → Kesehatan
  • Bebas untuk mengekspresikan perilaku alami → Perilaku
  • Bebas dari rasa takut dan stress → Keadaan Mental

Model Lima Domain mengakui bahwa pengalaman positif dan negatif di masing-masing dari empat domain fisik (nutrisi, lingkungan, kesehatan, perilaku) berkontribusi pada keadaan mental hewan secara keseluruhan.

Di Fonterra kami berusaha untuk memberikan pengalaman positif bagi sapi kami pada keempat domain fisik. Kami ingin sapi kami:

  • Cukup makan (Nutrisi)
  • Nyaman (Lingkungan)
  • Sehat (Kesehatan)
  • Puas (Perilaku)

Pengalaman positif dalam masing-masing dari empat domain fisik menyempurnakan domain kelima secara keseluruhan – yaitu kondisi mental dan kesejahteraan sapi kami.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesejahteraan sapi perah, hubungi Layanan Respons Awal yang gratis dan rahasia: 0800 4 324 7969

Komitmen kami
 

1. Mengadopsi praktik manajemen yang baik di seluruh rantai pasokan


Kami bermitra dengan pemasok susu dan bahan baku susu kami untuk mendukung penerapan praktik manajemen yang baik untuk terus meningkatkan hasil kesehatan dan kesejahteraan hewan dan biosekuriti, termasuk menerapkan praktik yang memberikan pengalaman positif seperti yang dijelaskan oleh model Lima Domain dan menghilangkan praktik yang bertentangan dengan prinsip Lima Kebebasan.

Beberapa cara kami mewujudkan hal ini mencakup kerangka kerja The Co-operative Difference, mendukung penggunaan antibiotik secara bijak, dan program Peduli Sapi.


2. Meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan


Kami bekerja dengan pemangku kepentingan untuk meningkatkan pemahaman tentang kesejahteraan hewan dalam konteks susu.

Kegiatan kami meliputi kolaborasi industri, edukasi publik, dan peningkatan pengayaan.

3. Advokasi untuk standar dan regulasi yang kuat


Kami berkolaborasi dengan pemerintah, organisasi internasional, industri, dan pemangku kepentingan utama lainnya untuk mencapai peraturan, standar, dan sistem yang selaras dengan kesejahteraan hewan dan biosekuriti.

Contohnya termasuk edukasi dan pelatihan peternak, keterlibatan kami dalam meningkatkan standar industri, dan kemitraan internasional kami.


4. Aktif dalam solusi yang inovatif


Kami memprakarsai dan berpartisipasi dalam kegiatan yang mendahulukan praktik kesehatan dan kesejahteraan hewan serta teknologi pendukung.

Ini termasuk peran kami dalam penelitian dan pengembangan, serta saran dan dukungan di peternakan kami.


5. Bersiap untuk respons insiden


Kami merancang dan menerapkan protokol respons dan eskalasi untuk memastikan kami siap dan dapat mengelola wabah hama dan penyakit.

Ini termasuk partisipasi kami dalam Sistem Respons Dini, dukungan pengendalian mastitis, dan keterlibatan kami dalam kesiapan dan respons biosekuriti.

 

Merawat hewan - pendekatan kami

Kami bekerja dengan peternak kami untuk memenuhi standar yang diakui di seluruh dunia sebagaimana ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia.

Kami menerapkan praktik yang memberikan pengalaman positif seperti yang dijelaskan oleh model Lima Domain dan menghilangkan praktik yang bertentangan dengan prinsip Lima Kebebasan.

Fonterra merupakan bagian dari Dairy Tomorrow Strategy – yang bertujuan untuk menjadikan sektor susu Selandia Baru menjadi yang “terdepan di dunia dalam perawatan hewan”.

Tanggung jawab kami terhadap kesejahteraan hewan meluas ke mana pun kami beroperasi di dunia dan kami berkomitmen untuk memastikan bahwa hasil kesejahteraan yang baik secara konsisten disampaikan oleh semua peternak sapi perah yang memasok susu untuk kami.

Kami membagikan pengetahuan kami tentang praktik terbaik dengan negara lain dan menilai kesejahteraan hewan sebagai bagian dari penilaian kualitas berkelanjutan kami di semua pasar.

Kami menggunakan pengaruh kami pada rantai pasokan kami untuk memberikan peningkatan berkelanjutan dan pada akhirnya, jika peternak tidak memenuhi persyaratan minimum kami, mereka tidak dapat memasok susu kepada kami.