Sebagai sebuah Koperasi dari Selandia Baru, filosofi hidup bangsa Māori menginspirasi pola pikir kami.

 

Kami mengakui adanya keterkaitan antara semua makhluk hidup dan tak hidup serta komitmen kami untuk Manaakitanga (kepedulian terhadap manusia), Kaitiakitanga (kepedulian terhadap tanah dan lingkungan kami) dan Whanaungatanga (kepedulian terhadap keterkaitan antar manusia) mendorong semua yang kami lakukan.

Sebagai sebuah organisasi, kami ingin menciptakan integrasi dan apresiasi yang tulus terhadap budaya Māori di dalam Koperasi kami. Kami menyadari nilai yang dapat dihasilkan dari hal ini dalam membentuk identitas kami dan peran yang dijalankan dalam menghargai identitas kami di Aotearoa Selandia Baru dan secara global.

Langkah selanjutnya dalam perjalanan ini adalah menceritakan kisah kami melalui penciptaan pou. Pou adalah cara tradisional bangsa Māori untuk menceritakan sebuah kisah melalui seni ukiran kayu.

Bab 1: Whakarongo – Mendengarkan

Pou sedang diukir oleh Arekatera ‘Katz’ Maihi. Katz melakukan perjalanan dua bulan bersama kami untuk mengenal Koperasi kami dan orang-orang di dalamnya sehingga ia dapat membuat desain yang unik bagi kami. Tonton bab satu untuk melihat awal perjalanan, apa yang kami lakukan, mengapa kami melakukannya, dan ‘induksi’ Katz untuk mengenal Koperasi kami.

Bab 2: Whakawhiti – Saling Memberi

Dalam bab dua kami melakukan perjalanan ke Ngāti Whātua rākei marae untuk melihat rākau (kayu) dipilih dan diberkati sebelum memulai perjalanannya ke Whakatane untuk memulai proses pengukiran.

Hal ini akan menjadi representasi fisik dari Koperasi kami dan semua orang di dalamnya, menceritakan kisah masa lalu kami, ambisi kami saat ini dan masa depan kami, sebagai pengingat yang nyata bahwa kekuatan dan kesuksesan kami berasal dari kerja sama dan hubungan kami dengan Aotearoa Selandia Baru keluar ke dunia.

Bab 3: Whakamahi – Menciptakan

In chapter three we meet more of Katz’s team, watch the carving process and get a sneak preview of the pou.

Peternakan Spark, Rangiora
Peternakan Brown Matamata

Tentang Katz

Arekatera 'Katz' Maihi
Katz mengunjungi Peternakan Brown di Matamata. Dari kiri ke kanan, Wynn Brown, Tracy Brown, Katz Maihi dan Anzac Tasker
Geoff Spark dan Katz Maihi berfoto selfie
Katz mengunjungi Peternakan Brown di Matamata. Dari kiri ke kanan, Wynn Brown, Tracy Brown dan Katz Maihi
Jonathan Smith dan Katz Maihi
Darryn Corbett dan Katz Maihi
Katz Maihi dan Nathan Patuwai
Sandy Lin, Glenn Shingleton dan Katz Maihi
Amanda Nottage
Katz mengukir pou di rumahnya di Whakatane

Katz memimpin sebuah tim pemahat, yang semuanya bekerja sama untuk menceritakan kisah kami.

Katz lulus dari NZ Māori Arts and Crafts Institute pada tahun 2006 dan mendirikan Toitu Design Ltd pada tahun 2007. Sejak awal, Toitu Design telah menjadi yang terdepan di bidangnya dan telah membangun reputasi seputar keahlian, keaslian, dan pengerjaan dengan standar tertinggi. Dengan kekuatannya dalam memadukan bentuk seni tradisional Māori dengan desain kontemporer. Salah satu karya Katz dapat dilihat di luar Eden Park, dan merupakan bagian dari Piala Amerika 2021. Klik di sini untuk membaca lebih lanjut tentang Katz dan Desain Toitu.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

 
  • Koperasi telah melakukan perjalanan beberapa tahun terakhir untuk mengatur ulang strategi dan arah perusahaan, perubahan ini telah memberi kami kesempatan untuk melihat kembali bagaimana kami menceritakan kisah kami sebagai perusahaan Aotearoa Selandia Baru.
  • Sebagai sebuah Koperasi dari Selandia Baru, filosofi hidup bangsa Māori menginspirasi pola pikir kami. Kami mengakui adanya keterkaitan antara semua makhluk hidup dan tak hidup serta komitmen kami untuk Manaakitanga (kepedulian terhadap manusia), Kaitiakitanga (kepedulian terhadap tanah dan lingkungan kami) dan Whanaungatanga (kepedulian terhadap keterkaitan antar manusia) mendorong semua yang kami lakukan.
  • Kami adalah sebuah bisnis dan perusahaan global, jadi penting bagi kami untuk menciptakan landasan bikultural untuk tenaga kerja multikultural. Pelanggan dan karyawan kami berasal dari berbagai negara dan budaya. Kami mengakui dan menghargai keragaman yang kami miliki.
  • Selama beberapa tahun terakhir, kami telah membangun Strategi Māori kami, dan bagian dari strategi ini melihat bagaimana budaya Māori tumpang tindih dengan filosofi Good Together dan nilai-nilai kami.
  • Kebudayaan asli diakui di seluruh dunia, filosofi hidup bangsa Māori memungkinkan kami untuk terhubung ke banyak budaya, menguatkan kisah asal usul kami secara global dan hubungan kami dengan pelanggan kami.
  • Dalam banyak hal, produk kami merupakan salah satu duta terbaik negara kami bersama dengan atlit pria dan wanita kami, yang telah memperkuat identitas unik kami yang diakui dan dihormati di seluruh dunia.
  • Prinsip Kaitiakitanga bangsa Māori (bagaimana kita bertindak sebagai penjaga atau pelayan untuk melindungi lingkungan alam kita hari ini, untuk generasi mendatang) sejalan dengan kisah asal usul kami, yang merupakan alasan terbesar mengapa produk kami diminati di seluruh dunia.
  • Kebudayaan asli diakui di seluruh dunia, filosofi hidup bangsa Māori memungkinkan kami untuk terhubung ke banyak budaya, menguatkan kisah asal usul kami secara global dan hubungan kami dengan pelanggan kami.
  • Dalam banyak hal, produk kami merupakan salah satu duta terbaik negara kami bersama dengan para olahragawan pria dan wanita kami, yang telah memperkuat identitas unik kami yang diakui dan dihormati di seluruh dunia.
  • Prinsip Kaitiakitanga bangsa Māori (bagaimana kita bertindak sebagai penjaga atau pelayan untuk melindungi lingkungan alam kita hari ini, untuk generasi mendatang) sejalan dengan kisah asal usul kami, yang merupakan alasan terbesar mengapa produk kami diminati di seluruh dunia.
  • Pou dirancang dan diukir oleh Master Carver Arekatera ‘Katz’ Maihi, seorang musisi dan seniman Tā moko yang terkenal dan berprestasi.
  • Katz memimpin sebuah tim pemahat, yang semuanya bekerja sama untuk menceritakan kisah kami
  • Katz lulus dari NZ Māori Arts and Crafts Institute pada tahun 2006 dan mendirikan Toitu Design Ltd pada tahun 2007.
  • Sejak awal, Toitu Design telah menjadi yang terdepan di bidangnya dan telah membangun reputasi seputar keahlian, keaslian, dan pengerjaan dengan standar tertinggi. Dengan kekuatannya dalam memadukan bentuk seni tradisional Māori dengan desain kontemporer. Salah satu karya Katz dapat dilihat di luar Eden Park, dan merupakan bagian dari Piala Amerika 2021. Klik di sini untuk membaca lebih lanjut tentang Katz dan Desain Toitu.

Pada saat pou selesai (Oktober 2021), diperlukan 7 bulan sejak Arekatera memulai perjalanannya dengan Fonterra. Ia menghabiskan 2 bulan untuk mengenal dan bertemu peternak dan karyawan dalam bisnis ini, 1 bulan merancang Pou dan mempersiapkan kayunya, dan 4 bulan mengukir batang kayu totara sepanjang 8 meter.

Pou terbuat dari pohon totara 8 meter yang telah dikeringkan selama 32 tahun dan ditemukan di Orākei Marae di Auckland.

  • Empat kunjungan ke peternakan di Waikato, Auckland, dan Canterbury dan duduk bersama dengan 26 peternak

  • Pabrikan Te Rapa

  • Pabrikan Edgecumbe

  • Toko Sumber Peternakan Morrinsville

  • Pusat Penelitian dan Pengembangan Fonterra

  • Delapan lokakarya daring dengan karyawan global